Resiko traveling belum beli tiket balik itu apa?

Halo travelers. Bagi sebagian kecil anda, saat pergi jalan-jalan ke luar negeri, ada saja yang memilih membeli tiket berangkat saja, terutama untuk tujuan wisata ke negara bebas VISA (free 15-30 hari kunjungan misalnya). Adapun tiket pulang alias tiket balik dibeli nanti-nanti saja. Alasan utama (dan sepertinya satu-satunya) sih, siapa tahu mereka saat liburan di luar negeri merasa bosan dan pengen pulang cepat atau mereka bisa jadi tiba-tiba beli tiket untuk lanjut terbang ke negara tetangga.

Apakah benar hal itu lebih baik bagi travelers? Berikut 3 resiko utama yang dapat anda alami, karena belum memiliki tiket balik:

  1. Urusan imigrasi yang bisa jadi petugas imigrasi menolak anda masuk, karena mereka mencurigai anda akan tinggal di negara tujuan tersebut secara ilegal. Berurusan dengan petugas imigrasi itu bisa dibilang seperti berurusan dengan “adik dari malaikat maut” …  yang ketika kita salah langkah saja dalam menjawab, bisa berujung pada deportasi. Sungguh bukan untuk hal yang bisa diajak santai-santai.
    Anda mungkin bisa beralasan akan melanjutkan perjalanan lain, tetapi petugas akan lanjut bertanya: “Mana tiketnya” … Anda juga bisa menggunakan tiket resmi tetapi belum dibayar alias dummy ticket tetapi resiko apabila ketahuan, bisa jadi lebih berbahaya.
  2. BorosBagi anda travelers dengan kantong cekak alias terbatas, membeli tiket pesawat 1-3 hari jelang hari penerbangan itu sama saja memboroskan diri. Sangat direkomendasikan untuk membeli tiket pesawat PP jauh-jauh hari sebelum traveling. Oh iya, membeli tiket PP (return) itu biasanya lebih murah daripada membeli tiket berangkat saja (one way).
  3. Hati menjadi tidak tenangResiko ini jelas akan dialami bagi anda yang “nakalnya tanggung”. Kalau anda mau nakal, ya bablas sekalian nakalnya dan feel no guilty. Kalau anda takut-takut dengan resikonya, ya main aman sajalah. Beli tiket PP maka anda bisa berlibur dengan penuh peace of mind.

Nah, jadi inti dari postingan kali ini: perencanaan liburan hari per hari haruslah matang. Cari tanggal liburan misalnya 2-3 bulan kedepan mau kemana saja, berapa hari, menginap dimana musti jelas, sehingga bisa sekaligus membeli tiket pesawat PP.

Anda mungkin saja membaca artikel bahwa orang lain aman-aman saja saat pergi liburan tanpa tiket balik, tetapi pengalaman mereka itu harusnya dianggap keberuntungan mereka saja dan bukan jaminan bahwa hal yang sama akan berlaku juga ke anda.

Happy traveling, ya!

About mainkemana

Blogger di dua blog: http://arigetas.com dan disini https://mainkemana.com seorang yang ditugasi mengurusi satu istri dan (baru) satu anak laki-laki bernama Aria.

View all posts by mainkemana →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *