Menilik Papua Sebagai Destinasi Wisata Hijau

Hujan baru saja reda, aroma tanah dan udara dingin masih terasa. Kabut menyelimuti pegunungan.Tetes embun jatuh perlahan. Sementara itu sinar mentari mulai masuk melalui sela-sela pepohonan. Kicau burung saling bersahutan. Sungguh suasana dunia jauh dari kehidupan urban. Yang ada hanyalah kedamaian

Kira-kira seperti itulah gambaran jika kita berada di pedalaman Papua yang penuh kedamaian. Bagaimana tidak,provinsi paling timur Indonesia ini memang hampir 70 % nya adalah hutan. Tentunya hal ini adalah “kabar baik” karena saat ini Indonesia memang krisis hutan. Padahal hutan adalah penyedia kebutuhan dan keberlangsungan hidup kita.

Rimba Papua, Rimba Terakhir Indonesia

Sumber : EcoNusa/M. Fikri

Pada tahun 2005-2009 luas hutan papua mencapai 42 juta ha. Namun semakin menurun jumlahnya hingga tersisa sekitar 33 juta ha. Ekspansi industri dan pengolahan lahan menjadi alasan utama berkurangnya hutan Papua. Ditambah lagi dengan meningkatnya jumlah perusahaan yang ada di Papua membuat hutan Papua semakin menurun drastis jumlahnya. Hal ini tentu menjadi koreksi buat kita semua, karena Rimba Papua adalah harapan Indonesia. Rimba Papua, Rimba Terakhir Indonesia.

Selain itu, hutan Papua juga menyimpan sejuta eksotisme yang saya rasa tidak akan ada habisnya untuk diceritakan. Bahkan aku sudah terpukau sejak awal “mengintipnya” di ensiklopedia yang ada di rak perpustakaan SMP ku dulu. Setiap mampir ke perpus yang dilihat pertama adalah ensiklopedi hutan Indonesia. Di fikiranku dulu hutan papua penuh pesona dan menawarkan kedamaian sehingga saya sangat senang sekali membaca mengenai papua. Belum lagi ketika tahun 2006, saat itu acara Jejak Petualang emang ngetrend banget. Hampir setiap sore menjadi tontonan wajib aku dan keluarga. hahhahaha. Acara ini menampilkan ekspedisi oleh tim JP ke berbagai wilayah di Indonesia, tentunya tak terkecuali Papua. Hingga suatu ketika, saat Tim Jp mengadakan ekspedisi di Papua, mereka mengalami sedikit musibah yang membuat beberapa crew nya terdampar di sebuah pulai tak berpenghuni. Aku masih ingat betul, saat itu presenter yang turut serta dalam ekspedisi itu adalah Medina Kamil.

Namun, bukannya takut aku justru jadi lebih tertarik dengan Papua. Sampai-sampai aku selalu menuliskannya di Bucket List liburan setiap tahunnya. Berharap dapat kesempatan untuk one stop eksploring Papua, Yes. All about Papua.

Papua, Surga yang dititipkan kepada kita…

Sumber : Youtube/EcoNusa

Berbicara mengenai Papua memang tidak akan ada habisnya. Betapa tidak, pesona Papua dari darat hingga lautnya emang juara. Membuat siapa saja tak kuasa menolak pesonanya. Betapa tidak, tanah papua merupakan destinasi hijau yang ibarat barang masih fresh by oven. Hampir seluruh destinasi wisata di Papua merupakan wisata alam. Hutan yang masih terjaga kelestariannya, laut yang kaya dan kebudayaan yang dijunjung tinggi membuat Papua menjadi destinasi tersohor seantero negeri, bahkan hingga dunia.

Papua dengan dengan segala kecantikan yang dimilikinya memang layak jika disebut sebagai destinasi wisata hijau. Pemerintah dan masyarakat Papua bersinergi untuk mewujudkan Papua sebagai destinasi wisata yang menyuguhkan keindahan alam yang memukau. Meski jauh dari sentuhan “modernisasi” Papua mampu memimpin list destinasi wisata di Indonesia yang paling diminati.

Bahkan, yang lebih membuat aku kagum ke Papua adalah kearifan masyarakatnya. Mereka sangat menjaga hutan mereka, karena bagi mereka hutan memberi penghidupan dan patut di lestarikan. Mereka hidup berdampingan dan seiring dengan alam.

Papua Sebagai Destinasi Wisata Hijau

Destinasi Wisata Hijau sejatinya merupakan istilah bagi destinasi wisata yang menyuguhkan keindahan atau kekayaan alamnya. Destinasi wisata hijau ini bisa terwujud dengan investasi hijau atau berkelanjutan. Hal ini berarti dalam pengenbangannya wisata di Papua harus dikelola dan dikembangkan dengan mempertimbangkan kelestariannya.

Nah, kenapa sih Papua ini bisa masuk jadi destinasi wisata hijau ?? Ya karena Papua memiliki ribuan hektar hutan yang masih terjaga serta kekayaan alamnya yang dimilikinya. Hal tersebut saya kira tidaklah berlebihan membuat Papua bisa dikatakan sebagai destinasi hijau dunia.

Highlight Destinasi Wisata Papua. It’s My Bucket List !!

Ini sebenarnya lebih ke Destinasi Wisata Impian aku hahhahaha. Sebenarnya emang semua destinasi di Papua pingin banget aku jelajahi, karena sudah saking jatuh cintanya dengan wiata Papua hehhehe. Tapi, tentunya ada beberapa yang menjadi favorite yang pingin banget aku datengin. Sebagian dari kita mungkin berfikir kalau destinasi Papua ya gak jauh-jauh dari Raja Ampat. Iya enggak? Wajar kok, karena akupun juga demikian, tapi itu dulu. hehehhehe

Karena Papua ini mempunyai banyak sekali, puluhan bahkan ratusan destinasi wisata yang patut untuk kita datengin. Dari EkoWisata, wisata bahari hingga wisata kulinernya menawarkan pesona yang berbeda-beda.

Taman Nasional Cendrawasih

sumber : rimbakita.com

Taman Nasional Cendrawasih terletak di Kabupaten WOndama dan Nabire. Taman Nasional Cendrawasih memiliki luas 1.453.500 ha dan hampir 90 % merupakan wilayah perairan, sehingga wajar jika Taman Nasional ini menjadi kawasan konservasi laut. Terdapat hampir 196 jenis moluska dan 209 jenis ikan terdapat dikawasan ini. Lautnya yang jernih dan hutan yang masih terjaga membuat kawasan ini jadi favorite atau bucket list yang akan saya kunjungi jika pergi ke Papua.

Kebayang menghabiskan waktu sepanjang hari dengan berenang dan snorkling melihat ratusan spesies ikan yang cantik. Selain itu kawasan ini juga merupakan pusat penelitian hiu paus atau whale shark. Kalau punya nyali bisa nih coba berenang bareng mereka. hihihih. Selain lautnya, di Taman Nasional Cendrawasih juga terdapat banyak pulau yang cantik-cantik yang bisa kita datangin. Salah satunya Pulau Nusrowi, pulau rumperpon, Pulau Misworwar, Pulau Yoop, dan Pulau Roon. Kelima pulau ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Namun kesemuanya memiliki laut yang jernih, pasir putih yang bersih dan pepohonan yang rindang. Ahh pokoknya pas banget buat bersantai. Nanti jika wabah corona sudah menghilang wajib banget nih diagendakan mengunjungi kawasan ini.

Lembah Baliem, Dalam Kesunyian Yang Penuh Kedamaian

Sumber : instagram/festivallembahbaliem

Ini adalah lembah yang terkenal di kalangan wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik. Lembah Balliem merupakan lembah di pegunungan Jayawijaya dengan ketinggian mencapai 1600 mdpl (meter diatas permukaan laut). Sangat kental dengan kesan eksotisnya, lembah ini menawarkan keindahan alam yang mempesona. Lembah ini juga merupakan tempat tinggal bagi suku Dani.

Suku Dani merupakan salah satu dari sekian banyak suku yang ada di Papua. Suku Dani mempunyai keahlian bertani dan memiliki keterampilan untuk menggunakan perkakas. Hingga saat ini masyarakat suku Dani masih banyak yang menggunakan Koteka. Suku Dani masih sangat erat dalam menjunjung tradisi. Hal ini terlihat dari beberapa upacara adat yang masih berlangsung hingga saat ini. Di Lembah Balliem yang penuh kedamaian ini lah Suku Dani tinggal. Jadi gimana jika kita habiskan beberapa hari untuk mengunjungi Lembah Balliem dan ikut tinggal bersama suku Dani. Sepertinya seru bukan?!

Bahkan setiap bulan agustus di Lembah Baliem diadakan festival yang menjadi primadona para turis. Yaitu festival budaya Lembah Baliem. Festival ini bertujuan untuk mengenalkan budaya lembah Baliem ke khalayak ramai. Terdiri dari pertunjukan atraksi kolosal perang antar suku yang epik, pertunjukan alat musik tradisional Papua, permainan anak khas suku di Papua, hingga pertunjukan memasak. Festival ini sendiri sudah 3 kali di helat dan sukses mendatangkan turis baik domestik maupun turis mancanegara.

Bersantai Menikmati Danau Terindah di Dunia, Danau Paniai

Sumber : dictio.id

Iya, ini gak berlebihan kok. Karena memang Danau ini dinobatkan sebagai Danau terindah di dunia pada tahun 2007. Melalui konferensi Danau se-dunia Danau Paniai berhasil memperoleh gelar sebagai danau terindah di dunia. Dengan luas danau mencapai 14.500 meter ha kita bisa menikmati keindahan danau dari bukit-bukit yang ada disekeliling danau.

Danau Paniai ini terletak di distrik Timur Paniai. Setelah puas menikmati kabut tipis yang perlahan datang kita juga bisa menikmati kuliner khas seperti ikan nila, ikan mujaer, belut dan udang. Wahh selain mata yang dimanjakan, perut juga tenang bukan? heheheh

Merasakan Kesegaran Air Terjun Karmon

Sumber : Gotonesia.id

Wisata alam di Papua gak hanya laut dan gunung aja loh! Di sana juga banyak air terjun yang memukau loh. Salah satunya adalah air terjun Karmon yang terletak di hutan Biak Utara. Saat pertama melihatnya kita akan merasakan kemagisannya. Betapa tidak, air terjun yang memiliki tinggi hampir 30 m ini terletak di hutan yang lebat ditambah dengan derai airnya yang putih bak kelambu. Gemericik air dan udara dingin menambah kesan magis dan tenang.

Jika ditanya kenapa aku pengen kesini? sudah pasti karena aku jatuh cinta pada pesonanya yang tenang dan mendamaikan. Selain itu Air terjun Karmon juga sangat mudah dijangkau. Walaupun letaknya agak jauh dari kota namun ketika sampai disana kita hanya butuh waktu sekitar 10 menit untuk sampai di air terjunnya.

Menyapa Danau Misterius Idenberg di Pegunungan Jayawijaya

Sumber : Instagram/Ihsanworld

Sebagai ‘mantan’ pendaki gunung ini sebenarnya epik banget, dan tentunya jadi primadona bucket list yang ingin di “taklukkan”. ( ya aku menyebut diriku sendiri demikian, karena sudah lamaaaaaa sekali aku vakum tidak mendaki gunung lagi. Apa lagi semenjak Kania lahir, rasanya pengen pindah haluan destinasi deh, biar Kania bisa ikut traveling bareng juga)

Walaupun untuk saat ini mendaki gunung bukanlah prioritas, tapi gak dipungkiri pesona Idenberg ini memang membuat aku jatuh hari.

Surga Ini Harus Kita Jaga !!

Sudah menjadi rahasia umum jika Papua adalah surganya wisata alam di Indonesia, selain lima destinasi yang sudah kusebutkan diatas, sebenarnya masih banyak sekali destinasi wisata di Papua yang sudah mendunia. Sebut saja Raja Ampat, Puncak Kartenz, atau bahkan Taman Nasional Wansur. Tanah Papua memang memiliki pesona yang sangat memukau, maka dari itu mendapat julukan “mutiara hitam”. Alam Papua yang mempesona ini sudah selayaknya kita jaga. Karena, jika bukan kita siapa lagi?

Konservasi Hutan Papua, Sebuah Urgensi !

Konservasi merupakan upaya perlindungan ataupun pelestarian yang bertujuan agar alam baik itu hutan maupun laut terjaga. Hutan Papua yang menjadi rumah bagi ribuan flora dan fauna, saat ini kondisinya diambang kerusakan. Setiap tahunnya hutan hujan tropis di Indonesia berkurang karena pembalakan liar dan alih fungsi hutan. Sebagai harapan terakhir hutan Indonesia, sudah semestinya hutan Papua mendapatkan perhatian lebih. Beruntungnya Papua memiliki masyarakat yang sangat peduli terhadap kelestarian hutan. Karena bagi masyarakat Papua, hutan merupakan penyokong keberlangsungan kehidupan mereka.

Masyarakat Papua percaya hutan merupakan sumber kehidupan mereka, sehingga menjaga kelestariannya adalah suatu keniscayaan. Segala usaha dan upaya dilakukan masyarakat Papua agar hutan dan alam Papua tetap terjaga salah satunya adalah menjadikan hutan Papua sebagai ekowisata.

Dengan pemanfaatan jasa ekowisata hutan akan tetap lestari, dan disisi lain hutan bisa menjadi sumber pemasukan bagi masyarakat sekitar. Itulah kenapa di Papua, hampir keseluruhan wisatanya adalah wisata alam yang dikonsep ekowisata.

Sejalan dengan usaha masyarakat Papua dalam menjaga kelestarian hutan Papua, EcoNusa sebagai yayasan nirlaba yang bertujuan meningkatkan pengelolaan sumber daya alam yang berkeadilan dan berkelanjutan di Indonesia. Melalui beberapa programnya EcoNusa berkontribusi menjembatani pemangku kepentingan di wilayah timur Indonesia agar tujuan pelestarian dan peningkatan manfaat hutan Papua lebih maksimal.

Hutan Papua bukan hanya harapan terakhir Indonesia, melainkan harapan dunia. Dengan dijadikannya konservasi dunia, hutan Papua mampu memberi angin segar bagi dunia yang saat ini hanya menyisakan sedikit ruang hijau. Semoga kita sebagai pemuda Indonesia, mampu menjaga dan mengembangkan wisata Papua tanpa harus mengesampingkan kelestariannya. Karena Papua adalah kita, Papua adalah Indonesia

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Wonderful Papua 2020.

Sumber :

8 Comments

  1. Avatar kangamir.com 08/04/2020 at 08:39

    Gak nyangka deh kalau Papua itu keren banget. Alamnya masih sangat alami dan hijau. Baik darat ataupun laut. Terlebih di Raja Ampat. Semua orang tentu pengen ke sana 🙂

    Reply
    1. Trie Rengganis Trie Rengganis 11/04/2020 at 10:04

      iya kak..gak perlu keluar negeri ya..semua udah ada di Papua.

      Reply
  2. Avatar EugeneOrere 08/07/2020 at 18:52

    Our company provides a wide variety of pills. Look at our health contributing portal in case you want to improve your health. http://p6x.infotab.site/lisinopril/es/62970-comprar-hydrochlorothiazide-sin-receta-20015.html Our site offers a wide variety of non prescription products. Look at our health site in case you want to feel better with a help health products. http://fv37.infotab.site/robaxin/nl/535-buy-generic-methocarbamol-online-49552.html Our site offers a wide variety of non prescription drugs. Take a look at our health portal in case you want to strengthen your health with a help of generic supplements. http://b2w.infotab.site/flagyl/es/59674-400mg-flagyl-10591.html Our company offers healthcare products. Visit our health contributing portal in case you want to feel better. http://k41p.infotab.site/zoloft/no/5397-sertraline-shop-online-999.html Our company provides a wide variety of non prescription drugs. Take a look at our health site in case you want to to feel healthier with a help of generic supplements. http://n4.infotab.site/lexapro/it/28125-aniracetam-vs-escitalopram-95154.html Our company provides a wide variety of general health products. Take a look at our health contributing website in case you want to strengthen your health. http://r7.infotab.site/lexapro/fr/79685-escitalopram-shop-35756.html
    Our company offers supreme quality weight loss products. Take a look at our health contributing site in case you want to feel better. http://9yl.infotab.site/zoloft/pt/5234-comprar-zoloft-sem-receita-73264.html Our company offers a wide variety of non prescription products. Look at our health portal in case you want to look better with a help of health products. http://45by.infotab.site/flagyl/de/9295-metronidazole-ohne-rezept-bestellen-4592.html Our company offers a wide variety of non prescription drugs. Look at our health site in case you want to strengthen your health with a help of general health products. http://25aj.infotab.site/robaxin/pt/4632-methocarbamol-preo-portugal-56003.html Our company offers a wide variety of non prescription drugs. Look at our health site in case you want to to improve your health with a help health products. http://4n.infotab.site/flagyl/fr/15900-modiodal-prix-82814.html Our company offers herb-based general health products. Take a look at our health contributing site in case you want to strengthen your health.

    Reply

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *