Mengatasi Cemas Berlebih Pada Saat Hamil

Ilustrasi : Mommyasia

Jika Moms mengalami mood yang sangat mudah berubah pada saat hamil, tidak usah khawatir karena anda tidak sendiri. Mood Swing adalah hal yang sangat wajar terjadi pada saat kehamilan. Banyak ibu hamil merasa suasana hati sangat cepat berubah dan lebih sensitif. Jadi mudah cemas, terlalu mengkhawatirkan sesuatu dan lain sebagainya. Hal ini disebabkan oleh hormon estrogen dan progesteron dalam darah yang mempengaruhi mood ibu hamil .

Penulis pun juga merasakan hal yang sama, bahkan suasana hati selama hamil sangat sensitif dan mudah cemas. Jangankan untuk hal-hal yang lain. Ketika menonton film atau drama saja bisa baper abis. Hhehehhe. Suami Berangkat kerja baper, ada hal kecil apa baper. Entah kenapa pada saat hamil aku juga sering sekali menangis. Jadi gampang nangis, bahkan untuk hal-hal yang sepele.

Walaupun hal ini normal, namun cemas yang berlebih ternyata tidak baik untuk janin lho moms. Jadi sebisa mungkin kita harus bisa mengelola mood kita agar tidak cemas yang berlebih. Apa saja yang bisa kita lakukan untuk mengurangi kecemasan yang berlebih saat hamil.

  • Bangun Komunikasi dengan Pasangan. Hai ini penting sekali moms, karena dengan komunikasi yang terbuka dengan pasangan “beban” pikiran isa lebih ringan. KIta juga bisa mengurangi rasa khawatir yang berlebih. Ceritakan apa saja yang sedang ada difikiran anada. Jika ada hal yang tidak mengenakkan bisa langsung share dengan pasangan. Hal ini pasti sangat membantu.
  • Positif Thingking. Walaupun cemas pada ibu hamil memang disebabkanoleh mood yang sering berubah-ubah namun selalu menjaga pikiran untuk berpositif thingking sangatlah penting. Jangan sampai fikiran kita diisi underistimate terhadap sesuatu. Dengan berpositif thingking pikiran jadi lebih relax.
  • Sempatkan waktu untuk me-time. Pada saat hamil, fisik dan psikis moms pasti lelah. Untuk merefreshnya moms bisa mentreatmen diri moms dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti relaxasi, menonton film favorite aatau mendengarkan musik kesukaan. Hal ini bisa mengurangi cemas lho moms.
  • Makan. Ya makan menjadi hal yang bisa mengatasi cemas lo moms. Ketika cemas datang cobalah untuk makan makanan favorite moms. Seperti ice cream, coklat, atau snack lainnya.

Nah, itu tips dari penulis yang bisa moms lakukan ketika cemas berlebih datang pada saat hamil. Ingat moms apapun yang kita rasakan debaynta juga ikut merasakannya loh. Jadi penting banget untuk selalu menjaga mood agar relax dan santai selama kehamilan agar debay dalam perutnya sehat, tennag dan ceria.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *